HARI PANGAN 2019

Rabu, 15 Januari 2020 18:15 WIB

HARI PANGAN SEDUNIA

WUJUDKAN PANGAN LOKAL SEBAGAI PANGANAN SEHAT INDONESIA

 

Hari/Tanggal   : Selasa, 15 Oktober 2019

Jam                 : 18.15 WIB - selesai

Tempat            : Aula Masjid A.R Fachrudin lantai 1

 

            Manusia hakikatnya perlu makan dan minum dalam bertahan hidup, Karena dengan makan dan minum manusia akan memperoleh energi untuk beraktifitas. Makan tidak sekedar makan, makan itu haruslah memilih yang sehat. Makanan sehat itu yang seperti apa? Makanan sehat itu makanan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman. Beragam yang dimaksud bukan jenis makanannya tapi jenis nutrisinya, kemudian seimbang ini adalah sesuai kebutuhan karena pada setiap individu berbeda-beda kebutuhan makannya. 4 sehat 5 sempurna ya seperti itulah gambaran pangan sehat, tapi perlu disesuaikan pada kebutuhan individunya.

            Pangan sehat dapat ditemukan di dalam pangan lokal Indonesia. Pemikiran bahwa sehat itu mahal adalah kurang tepat. Banyak yang berfikir bahwa sehat itu pangan modern, padahal pangan lokal murah dan amat sehat. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan lagi mahasiswa makan mie instan. Tentu saja untuk makan pangan lokal ini perlu pembiasaan, apalagi pemerintah yang impor secara terus menerus yang semakin mengikis pangan lokal di Indonesia. Perlu tindakan nyata berkaitan dengan pangan lokal ini, tentu saja dimulai dari diri sendiri yang mulai membiasakan dengan pangan lokal dan memperbaiki SDM diri agar dapat memperbaiki pangan lokal Indonesia.

            Pada era modern seperti saat ini banyak sekali yang gengsi dan memilih-milih makanan pangan lokal dianggap sebagai pangan yang kampungan. Banyak yang memilih modern food yang bahan bakunya dari impor. Sungguh pemikiran yang kolot sebenarnya yang dilakukan oleh era modern ini. Karena apa? Karena segudang nutrisi terkandung didalam pangan lokal yang milik Indonesia sendiri. Sebenarnya permasalahan pangan di Indonesia ini akarnya adalah diri kita sendiri yang terpupuk oleh pemerintahan yang semakin memanjakan dengan impor. Langkah mahasiswa dalam mendukung pangan lokal yaitu membiasakan diri dan mengajak teman-teman beserta keluarga untuk selalu mengkonsumsi pangan lokal. Jadi, dengan begitu akan berkuranglah pengkonsumsi pangan impor dan harapannya pemerintah dapat mengurangi impor tersebut. jika berkelanjutan maka pengkonsumsi pangan lokal akan bertambah dan akan mensejahterakan rakyat Indonesia juga. Selain daripada itu, dampak baiknya lagi akan memajukan kemandirian pangan Indonesia sendiri. Bagaimana? Bagus kan? Pasti dong sebagai rakyat Indonesia ingin Negaranya menjadi lebih baik.

 

            Jangan malu makan pangan lokal !!!

            Jangan gengsi !!!

            Jadilah Kekinian yang Berkemajuan !!!

            Karena Tubuhmu Asetmu !!!

            Negaramu butuh kamu !!!

Shared: